Sistem Informasi Beban Kerja Dosen LLDikti Wilayah III (SIBKD3) merupakan salah satu terobosan dalam upaya peningkatan percepatan layanan di LLDikti Wilayah III. SIBKD3 merupakan Bagian dari Sistem Informasi dan Layanan Terpadu (SIL@T) LLDikti Wilayah III. Saat ini SIBKD3 digunakan untuk mempermudah proses layanan Pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD) Perguruan Tinggi di LLDikti Wilayah III. Kedepannya sistem ini akan terus dikembangkan sebagai sistem yang dapat digunakan dosen untuk melaporkan tridharma perguruan tinggi secara berkala, sehingga nantinya Perguruan Tinggi dan LLDIKTI Wilayah III dapat memantau kinerja dosen melalui layanan BKD. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen LLDikti Wilayah III untuk menjadi organisasi yang adaptive dengan perkembangan zaman dan agile (lincah) untuk tetap memberi kontribusi terbaik bagi Perguruan Tinggi di LLDikti Wilayah III.
Peralihan pelaporan BKD yang tadinya menggunakan sistem informasi yang mengunakan aplikasi yang dibuat dari Microsoft Access, sekarang ini menggunakan aplikasi berbasis web, yang dapat di akses melalui URL: http://bkd-lldikti3.kemdikbud.go.id/
Apa saja tahapan pembuatan laporan BKD dengan aplikasi SIBKD.
- Scan semua persyaratan untuk laporan BKD (pastikan berformat .PDF)
- Beberapa file yang sudah di scan diwajibkan upload kedalam repository kampus
- Copy link dokumen yang telah di upload tadi, guna dicanpumkan laporan di SIBKD.
Pastikan dokumen-dokumen pendukung yang harus anda persiapkan untuk di upload pada SIBKD3. Pastikan hasil scan berbentuk .PDF
- Scan Sertifikat Pendidik
- Scan SK Jabatan Fungsional Akademik (JFA)
- Scan SK Golongan / Inpasing
- Scan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
- Scan Buku Rekening BNI
- Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Pastikan juga data Identitas anda sebagai Dosen ter-update pada SISTER. Pastikan data riwayat mengajar anda update (hubungi admin PT)
Berkas yang harus disiapkan untuk Bidang A – Pelaksanaan Pendidikan
No | Point | Upload di SIBKD | Upload di Repository |
1 | Pengajaran | SK Mengajar | BAP, Presensi, Daftar nilai dijadikan 1 file PDF dan dibuat perkelas |
2 | Dosen Penasehat Akademik | SK Dosen Penasihat Akademik, Presensi Bimbingan dan Berita Acara Bimbingan dijadikan 1 file pdf | |
3 | Membimbing | ST sebagai dosen pembimbing, Bukti Dokumen (Presensi Bimbingan, Lembar Pengesahan, Berita Acara ujian dijadikan 1 file pdf) |
Dokumen bidang A – Pengajaran, tidak perlu semua, jika dikesimpulan akhir sudah memenuhi cukup 1 saja. Silahkan dibaca buku Panduan Pengisian BKD LLDIKTI Wilayah III
Berkas yang harus disiapkan untuk Bidang B – Penelitian
No | Point | Upload di SIBKD | Upload di Repository |
1 | Jurnal | ST dari LPPM, link e-journal yang mengarah ke artikel | – |
2 | Prosiding | ST dari LPPM, link prosiding | – |
3 | HKI | ST dari LPPM | Sertifikat dan manual book dijadikan 1 file pdf |
Dokumen bidang B – Penelitian, tidak perlu semua, jika dikesimpulan akhir sudah memenuhi cukup 1 saja. Silahkan dibaca buku Panduan Pengisian BKD LLDIKTI Wilayah III
Berkas yang harus disiapkan untuk Bidang C – Pengabdian Masyarakat
No | Point | Upload di SIBKD | Upload di Repository |
1 | Insidental | ST dari LPPM, Bukti Kinerja (Laporan Pengabdian, SK Instansi, Materi yang disampaikan, Sertifikat) dijadikan 1 file pdf | – |
Dokuemen Bidang C – Pengabdian Masyarakat, silahkan disesuaikan dokuemen terkait dengan kegiatan anda lakukan. Silahkan dibaca buku Panduan Pengisian BKD LLDIKTI Wilayah III
Berkas yang harus disiapkan untuk Bidang D – Penunjang Kegiatan Akademik Dosen
No | Point | Upload di SIBKD | Upload di Repository |
1 | Berperan aktif dalam pertemuan ilmiah di lingkungan perguruan tinggi | ST dari LPPM, Sertifikat dan Laporan Kegiatan dijadikan 1 file pdf | – |
Dokumen Bidang D – Penunjang Kegiatan Akademik Dosen. Silahkan disesuaikan dokuemen terkait dengan kegiatan anda lakukan. Silahkan dibaca buku Panduan Pengisian BKD LLDIKTI Wilayah III
Mulai Pelaporan BKD pada SIBKD3
Pastikan buka web browser anda dan ketikan URL http://bkd-lldikti3.kemdikbud.go.id/, setelah masuk, anda bisa inputkan username dan password anda, secara default user adalah NIDN anda masing-masing, dan password dalah NIDN anda masing-masing. Sebagai contoh:
Username: 0312345602
Password : 0312345602
Dosen diharuskan untuk mengganti password untuk keamanan data, untuk dosen yang lupa password setelah diganti dapat menghubungi admin PT untuk me-reset passwordnya Kembali menjadi NIDN. Jika ingin mengganti password silahkan Ganti Password yang mudah diingat, untuk keamanan akun anda.
Untuk selebihnya ada bisa membaca beberapa panduan berikut: